Pengalaman Paling Berharga
06 September 2024
Di bulan terakhir ini saya telah mempelajari hal-hal yang akan bertahan seumur hidup. Saya telah menghabiskan sebulan terakhir ini di departemen “Business Development” di Sucor Sekuritas sebagai Eductor Intern. Dalam magang ini, saya mempelajari tentang trading dan investasi dan bagaimana seorang bisa sukses dalam trading dan investasi. Tujuan blog ini adalah untuk merekap apa yang telah saya lakukan, pelajari, dan tantangan apa yang saya hadapi selama magang di Sucor.

Sebelum saya memasuki magang ini, saya jujurnya tidak tau apa yang saya akan pelajari. Saya tidak tau apa yang saya akan kerjakan selama magang di Sucor. Memasuki magang ini, saya hanya memiliki tujuan untuk memahami dunia Trading dan Investasi dan menggunakan informasi itu untuk memulai di masa depan. Ketika saya melamar untuk magang ini, saya diberitahu bahwa pada umumnya magang itu butuh 3 bulan namun saya hanya punya waktu 1 bulan.

Saya diberitahu pada hari pertama saya bahwa saya tidak akan bisa mendapatkan pengalaman magang secara penuh karena saya melakukannya dalam waktu yang singkat. Dengan pemikiran ini, saya tahu saya harus banyak belajar mandiri untuk mencoba mendapatkan pengetahuan sebanyak mungkin. Untuk mencapai tujuan saya mendapatkan pengetahuan umum tentang dunia perdagangan dan investasi dengan harapan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata, saya tahu saya harus berusaha di luar jam kantor dan menggunakan jam kantor untuk berbicara dan berunding dengan rekan satu tim saya. tentang pertanyaan atau komentar apa pun yang saya miliki tentang hal-hal yang ingin saya pelajari.

Sepanjang masa magang saya, saya diberi banyak sumber daya untuk dibaca dan ditonton. Sumber daya ini memungkinkan saya mendapatkan dasar umum tentang dunia perdagangan dan investasi. Sumber daya yang paling membantu saya dan membantu saya memahami perdagangan dan investasi adalah video Investasi dan perdagangan yang dibuat oleh Adam Khoo. Dia memberikan edukasi kepada saya tentang investasi dan trading serta mendobrak stigma sosial yang ada seperti trading dan investasi sama dengan perjudian. Saya menemukan videonya sangat membantu dalam membantu saya mempelajari dasar/gagasan umum perdagangan dan investasi.Setelah saya menonton video-video itu, saya mulai masuk ke sisi yang lebih teknis dalam investasi dan perdagangan.

Saya diperkenalkan dengan Candle Chart oleh tim edukator dan cara mulai membacanya. Dari memahami jenis-jenis “Candle” hingga membaca dan mengidentifikasi tren hingga memahami apa yang harus saya cari ketika melihat harga saham suatu perusahaan. Setelah saya memahami dasar-dasar membaca Candle Chart, saya melanjutkan mempelajari analisis fundamental dan teknikal. Saya pertama kali diajari analisis fundamental dan cara melihat perusahaan dari skala yang lebih besar. seperti yang dikatakan Warren Buffet, “Never invest in a business you cannot understand”. Saya selaras dengan kutipan ini karena dari apa yang telah saya pelajari, saya merasa bahwa penting untuk tidak hanya peduli pada harga tetapi juga peduli dengan bisnis dan industri di dalamnya. Saya merasa penting untuk melihat bisnisnya. dari skala makroekonomi. Saya belajar bahwa ada tiga hal utama yang perlu dianalisis dalam analisis fundamental. Hal ini termasuk menganalisis bisnis itu sendiri, industri di mana bisnis tersebut berada, dan yang terakhir, makroekonomi di mana bisnis tersebut berada.

Selanjutnya saya diperkenalkan dengan metode analisis teknikal oleh team educator. Saya diajari bahwa mengembangkan rencana trading sangat penting untuk menjadi trader sukses. The technical analysis tools that I learnt were Moving average Convergence Divergence, Fibonacci Retracement,Relative Strength Index - RSI, Volume trading, dan  Stochastic Oscillator. Alat-alat ini menggunakan teknik berbeda untuk memprediksi tren yang akan terjadi selanjutnya, alat ini memberikan wawasan tentang proyeksi Take Profit, Cut Loss dan Buying Price yang paling sesuai dengan pasar saat ini. Saya harus memahami dan bahkan menerapkannya pada harga saham saat ini yang ingin saya investasikan. Tim Edukator membantu saya memahami pentingnya masing-masing teknik ini dan apa yang harus dicari untuk menemukan harga yang diinginkan untuk membeli atau menjual saham. Informasi ini akan sangat membantu saya di masa depan karena saya akan dapat menerapkan teknik ini pada saham yang ingin saya investasikan di masa depan. Melalui penelitian dan pembelajaran metode analisa teknikal, saya menemukan bahwa teknik yang paling saya sukai adalah Fibonacci, Volume (+ beli/jual asing), dan MACD.

Dengan mengingat informasi ini, saya telah membuka akun SPOT saya sendiri dan mulai trading sendiri. Sebelum magang, saya tidak tahu apa-apa tentang trading atau investasi tetapi saya merasa siap untuk berdagang setelah mengetahui apa sebenarnya itu dan apa yang perlu saya lakukan untuk membuat perdagangan sukses. Salah satu trade pertama saya adalah dengan saham KPIG. Saya membelinya di harga 131 per saham dan dengan alat yang saya gunakan, saya menemukan bahwa ini adalah saat yang tepat untuk membeli. Saya menemukan buy entry nya dengan menggunakan Fibonacci Retractement bahwa harga Cut Loss akan berada di 128 dan Take profit di 153 Saya akhirnya menjual dengan harga 181 per saham dan memiliki margin keuntungan 47,1%. Saya merasa bahwa ini adalah perdagangan yang sangat sukses tetapi saya setelah lewat beberapa hari, saya menyesal karena saya tidak membeli lebih banyak saham di awal. Tetapi dengan itu, saya juga belajar bahwa tidak ada gunanya menyesali perdagangan yang lalu. Hal terbaik adalah terus maju dan tidak menyesal karena tidak ada yang bisa saya ubah lagi.

Selama magang ini, saya tidak hanya menjalin persahabatan yang baik tetapi saya juga belajar banyak tentang trading dan investasi yang akan dapat saya gunakan di masa depan. Saya belajar tentang kebenaran tentang trading dan investasi serta dasar-dasar bagaimana memulainya. Magang memberi saya pelajaran hidup yang berharga yang dapat saya terapkan di masa depan. Saya yakin saya belajar banyak mengingat saya hanya menjalani magang selama sebulan, saya bisa belajar tentang dunia investasi dan perdagangan, memahami analisis teknikal dan fundamental, serta belajar bagaimana menerapkannya sendiri. Dalam sebulan magang ini, saya bisa melakukan trading sendiri, ada yang sukses, ada yang tidak, tapi saya bisa belajar melalui prosesnya dan membangun pengetahuan saya tentang perdagangan dan investasi.

Mengenai masa depan saya dalam perdagangan dan investasi, saya pasti akan terus trading dan berinvestasi.  Saya telah mempelajari trading dan investasi di pasar saham Inggris (tempat saya kuliah saat ini) dan mencari cara untuk memulainya ketika saya kembali ke universitas. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Edukator, tim Business Development dan seluruh PT Sucor Sekuritas yang telah menjadikan magang ini berkesan bagi saya dan siapa tahu?  Mungkin jalan kita akan bertemu lagi suatu hari nanti. Terima Kasih!

 
Written by Mazzimo Hector Pribadi
List of Authors
Subscribe
Get up-to-date information by signing up for our newsletter
Contact Us
We are happy to answer any questions you may have
Address
Sahid Sudirman Center
Jalan Jend. Sudirman Kav.86, Lantai 12
Karet Tengsin, RT.10/RW.11
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10220