A Beautiful Mind di Tengah Konflik Ukraina
25 February 2022
Siapa yang tak kenal dengan film Beautiful Mind arahan sutradara Ron Howard yang dibintangi aktor Russell Crowe yang berlatar kisah nyata seorang peraih nobel bidang ekonomi bernama John Forbes Nash Jr. Nash sangat berjasa dalam perkembangan ilmu ekonomi selama 70 tahun terkahir. Nash memberikan kontribusi mendasar pada teori permainan (Game Theory) untuk memajukan perkembangan ilmu ekonomi, biologi dan hubungan internasional. Mengapa Game Theory begitu penting dalam mengubah cara pandang ekonom di seluruh dunia melihat permasalah ekonomi?

...Sejak diterbitkannya buku The Wealth of Nation karangan Adam Smith tahun 1776, ekonom melihat bahwa permasalahan ekonomi hanya seputar bagaimana setiap individu memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan biaya atas setiap alternatif pilihan dalam mengkonsumsi barang, berbisnis maupun berinvestasi. Adam Smith sangat menitikberatkan pada bagaimana setiap individu fokus kepada kepentingan dirinya sendiri dalam memaksimalkan keuntungan yang dia sebut sebagai the division of labor. Di dalam berinvestasi, investor kadang melakukan hal itu. Mereka fokus terhadap apa yang diyakininya benar pada satu aset keuangan. Namun terkadang mereka lupa mungkin pengetahuan atau pemahmanannya tentang suatu strategi investasi bisa jadi tidak di-amini oleh para pelaku pasar lainnya sehingga hasil investasinya bisa jadi tidak masimal. Inilah yang membuat John Nash berpikir pada saat itu bahwa cukup penting untuk melihat respon orang lain untuk menentukan pilihan strategi yang harus diambil satu individu. Hal ini yang membedakan John Nash dan Adam Smith. John Nash melihat bahwa setiap individu untuk melakukan strategi investasi tidak boleh fokus pada hanya pada dirinya sendiri tapi juga bagaimana strategi lawan atau pasar bergerak. Itulah yang menjadi inti dari game theory.

Teori John Nash ini merevolusi cara pandang berbagai investor dunia melihat kinerja pasar saham maupun obligasi. Oleh karena itu, broker yang baik seharusnya memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada investornya tentang bagaimana para pelaku pasar melihat kondisi atau fenomena terkini yang sedang terjadi yang akan mempengaruhi gerak laju pasar saham maupun obligasi. Hal itulah yang dilakukan Sucor Sekuritas dengan menyediakan banyak wadah bagi para investornya untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi agar setiap investor dapat mengetahui bagaimana pandangan investor lain terhadap pergerakan pasar.

Konsep game theory ini juga dapat kita terapkan dalam menganalisa  krisis yang terjadi di Ukraina sekarang untuk mencoba memperkirakan apa hasil akhir dari konflik tersebut kedepan. Jika kita mengasumsikan ada dua kubu yang sama kuat saling bertikai Rusia di satu sisi dan Ukrainan dan NATO di sisi lain maka pasti masing-masing lawan akan memperhitungkan Langkah apa yang akan diambil pihak lawan untuk memastikan Langkah apa yang akan diambil masing-masing kubu untuk mendapatkan keuntungan maksimal yang bisa didapatkan kedua belah pihak.

Kemungkinan pertama

Setelah akhirnya Rusia memilih strategi menginvasi Ukraina pada Kamis lalu, kemungkinan besar Rusia akan memaksakan terjadinya perubahan rezim di Ukraina yang akan lebih pro terhadap Rusia. Secara perhitungan politik dan ekonomi invasi Rusia akan berhenti sampai kepada perubahan rezim di Ukrainan karena hal itu yang paling rendah biayanya bagi ekonomi dan politik pemerintah Rusia.  Sementara itu respon paling mungkin Amerika dan NATO adalah menjatuhkan sanksi yang lebih keras terhadap Rusia dengan membatalkan perjanjian Nord Stream 2 antara Rusia dan Jerman dan benar-benar menutup akses Rusia kepada pasar keuangan barat.

Jika strategi ini diambil kemungkinan pasukan Amerika dan NATO tidak akan terjun langsung untuk membantu Ukraina karena ongkos ekonomi dan politiknya akan sangat besar disebabkan hal tersebut akan mendorong konflik militer yang jauh lebih luas tidak hanya di teritori Ukraina. Jika scenario itu  terjadi, harga minyak dapat Kembali stabil ke level 95 dollar per barel.

Kemungkinan Kedua

Namun, kemungkinan terburuk dapat terjadi jika hasrat politik berada di atas kepentingan ekonomi. Kemungkinan terburuknya adalah respon pemerintahan Amerika Serikat yang mungkin di luar dugaan dengan meminta Ukraina untuk langsung bergabung dengan NATO sehingga menjadi alasan untuk militer NATO melakukan intervensi ke wilayah Ukraina sehingga kehancuran akan menjadi jauh lebih besar. Konflik antara Rusia dan Amerika akan meluas ke luar batas teritori Ukraina seperti  ke Syria, Armenia, Iran, dan Azerbaijan dimana di wilayah tersebut Rusia dan Amerika sama-sama juga memiliki konflik kepentingan. Jika kondisi terburuk itu terjadi, harga minyak dapat mendekati level 150 dollar per barel karena supply minyak dunia akan semakin terganggu baik di Timur Tengah maupun di Eropa.

Faktor Kunci

Kuncinya agar skenario buruk tidak terjadi adalah dengan Moskow menguasai ibu kota Ukraina Kiev secepatnya agar semakin cepat Rusia mengganti Presiden Ukraina yang pro dengan aliansi barat untuk memastikan bahwa Ukraina tidak akan pernah bergabung dengan NATO. Jika dalam beberapa hari kedepan hal ini terjadi maka kemungkinan besar kita akan mengetahui bahwa konflik militer di Ukraina akan segera berakhir.

...Baca artikel lainnya:

Metaverse Dalam Investasi? Mungkinkah?

F.I.R.E

Adakah Jalan Pintas Menuju Financial Freedom?

Kembali Menikmati Kesendirian

Written by Ahmad Mikail
List of Authors
Subscribe
Get up-to-date information by signing up for our newsletter
Contact Us
We are happy to answer any questions you may have
Address
Sahid Sudirman Center
Jalan Jend. Sudirman Kav.86, Lantai 12
Karet Tengsin, RT.10/RW.11
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10220