Loading... Please wait!

banner

Blog

Sucor Sekuritas

Latest Blog Post

Stocklab : Game Investor Milenial

Stocklab : Game Investor Milenial

Pada Kamis, 22 Februari 2018 lalu, Galeri investasi Swiss German University (SGU), mengadakan serangkaian kegiatan bersama Swiss German Investment Society (SGIS), yaitu dengan memperkenalkan sebuah permainan Stocklab.

Stocklab merupakan game simulasi pasar modal dengan menggunakan kartu, yang tengah gencar-gencarnya disosialisasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuan adalah untuk memperkenalkan proses jual beli di pasar modal kepada berbagai elemen masyarakat dan kalangan akademisi melalui pendekatan yang lebih fun.

Permainan ini memang masih terdengar asing, apalagi bagi para mahasiswa. Untuk itu sebelum melakukan permainan Stocklab, para mahasiswa diberi penjelasan mengenai aturannya terlebih dahulu. Awalnya, mereka masih bingung melihat banyaknya kartu. Namun, seiring berjalanya waktu para mahasiswa pun mulai memahami permainan Stocklab. Mereka mulai merespon secara positif. Dua jam bergulir dan mereka justru terlihat semakin asik bermain.

Memperkenalkan permainan Stocklab memang tidak mudah, para pemain harus mengkontrol setiap kartu, dan memahami aturan dalam permainan tersebut. Diawal permainan, para mahasiswa mendapatkan poin-poin yang dapat digunakan untuk membeli kartu saham dengan berbagai macam sektor. Permainan berakhir saat kartu ekonomi terakhir dibuka. Tiap pemain akan menghitung total aset yang mereka miliki dari semua kartu Saham, reksa dana, dan koin yang mereka miliki.

Pemain dengan total nilai paling tinggi dinyatakan sebagai investor terbaik. Jika terjadi seri, pemain dengan urutan jalan lebih kecil di ronde terakhir, keluar sebagai pemenangnya. Bukan hanya sekedar permainan saja, setiap tahunnya Bursa Efek Indonesia (BEI) mengadakan kompetisi Stocklab dengan hadiah uang tunai, yang diselenggarakan di main hall Bursa Efek Indonesia (BEI).

Bursa Efek Indonesia (BEI) selalu berinovasi dalam mengenalkan produk pasar modal, dan Stocklab menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap investasi di pasar modal Indonesia.

Tentu saja, Sucor Sekuritas pada galeri investasi di Swiss German University (SGU)  mempunyai peranan yang sangat penting, dimana Sucor Sekuritas menjadi wadah dan memberikan support penuh dalam mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pasar modal, salah satunya melalui Stocklab.

Nantinya, Stock Lab ini akan menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh Swiss German Investment Society (SGIS) setiap minggu, dengan harapan program ini dapat memasyarakatkan investasi, yang akhirnya melahirkan banyak investor. (Andi/SGU)

Tag

Share :

View All Article

Related Article

Posted by Wuddy Warsono Ketika Hening Telah Berlalu

“Conversation enriches the understanding, bu...

Tags : blog sucor, Blog Sucor Sekuritas, belajar investasi, belajar saham,

More Information
Posted by Irwin Saputra Melihat Apa yang Tidak Kelihatan

Di minggu yang bertema Halloween, saya memilih jud...

Tags : blog sucor, Blog Sucor Sekuritas, belajar saham, belajar investasi,

More Information
Posted by Wuddy Warsono Nasionalisme yang Merayakan 100% ke-Indonesiaan Kita

Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), lengkap dengan musi...

Tags : blog sucor, Blog Sucor Sekuritas, belajar saham, belajar investasi,

More Information
Posted by Wuddy Warsono Dua Puluh Tiga Tahun yang Lalu

Kalau saya ditanya pekerjaan mana yang paling berk...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, blog sucor, belajar investasi, belajar saham,

More Information
about
about

2019 PT. Sucor Sekuritas All Rights Reserved.