Loading... Please wait!

banner

Blog

Sucor Sekuritas

Latest Blog Post

Kehidupan Bintang Basket

Lesson from NBA Player

Pernahkah kita bertanya mobil apakah yang dikendarai pemenang NBA?

Kawhi Leonard adalah pria 27 tahun, pemain Toronto Raptors yang akhir-akhir ini banyak diperbicangkan.

Kita semua tahu bahwa semua pemain NBA mendapatkan penghasilan yang besar. Dan seperti dugaan Anda, pemain-pemain ini akan mendapatkan lebih banyak uang jika mereka menang.

Leonard dan timnya memenangkan final NBA bulan lalu, dan ia adalah MVP-nya alias Most Valuable Player.

Mari berhitung berapa banyak uang yang ia dapatkan. Pertama, ia menandatangani kontrak senilai $94 juta di tahun 2016, mendapatkan gaji lebih dari $23 juta untuk musim terakhir ini, dan ia akan segera mendapatkan kontrak baru yang nilainya jauh melebihi yang lama. Semua ini menjadikannya peringkat 30 dalam daftar pemain NBA yang memiliki penghasilan tertinggi.

Meski demikian, bintang NBA ini masih mengendarai mobil SUV tua-nya, yang telah ia miliki sejak SMA. “Mobilnya masih bekerja… dan sudah lunas,” jelasnya pada seorang wartawan dari Sport Media.

Mobilnya adalah Chevy Tahoe tahun 1997.

Kawhi Leonard adalah seorang pria sukses yang masih menyimpan kupon untuk mendapatkan sayap ayam gratis. Di balik gaya hidup bintang basket yang terkenal akan pesta mewahnya, Leonard tetap menjalani hidup dengan sederhana.

Coba cari di Google, dan Anda akan melihat bahwa Leonard membeli mobil Chevy-nya seharga $1300. Sangat murah, terlebih jika kita mengingat bahwa ia menghasilkan $23 juta per tahun. Mobil Chevy ini hanya menghabiskan 0.00009% dari penghasilannya.

Tentu saja, ini bukanlah satu-satunya mobil yang ia miliki.

Tapi, yang berusaha ditunjukkan oleh Leonard dari hidupnya adalah untuk meraih kesuksesan bisa dilakukan dengan biaya minimum berkat sifatnya yang amat praktis. Leonard tidak masuk dalam perangkap kehidupan orang terkenal. Tidak banyak pria seperti Leonard.

Jika ia dianalogikan sebagai saham, ia adalah capex-light business, alias bisnis yang tidak memerlukan banyak aset.

Sebuah metriks yang baik untuk mengukur bisnis amatlah sulit ditemukan. Terutama yang dapat mengalahkan pentingnya Bisnis High ROIC dengan Low Capital Requirements bagi para investor.

Untuk para investor yang beriorientasi pada nilai, metriks ini adalah kunci dalam menemukan bisnis hebat yang akan melonjak seiring berjalannya waktu. Dalam kata lain, bisnis yang amat menguntungkan dan minim aset.

Tipa bisnis ini tidak perlu menghabiskan banyak modal untuk perlengkapan berat, energi atau hal-hal yang terus menggerogoti perusahaan. Pengeluaran kecil saja yang diperlukan. Sehingga, sisa uang yang dihasilkan dapat kembali ke pra pemegang saham dalam bentuk dividen.

Merujuk para sejarah, hanya ada sedikit perusahaan semacam ini, dan semuanya adalah saham-saham favorit Warren Buffet selama 60 tahun terakhir. Coca-Cola (KO), Phillip Morris (MO), (PM) dan General Mills (GIS), adalah beberapa sahamnya.

Bertahan di tipe bisnis ini amatlah menguntungkan. Coba bayangkan, bisnis yang minim-aset seperti Coca-Cola menghasilkannya 1,642% (!) sejak ia pertama membelinya di tahun 1988.

Kita selalu bertanya, apakah yang akan menjadi Coca-Cola selanjutnya di daftar portfolio kita. Menurut Buffet, biasanya bisnis jenis ini memiliki ‘parit’ pelindung yang akan menjaga pengembalian luar biasa atas modal yang sudah ditanamkan.

Makin terlihat jelas bahwa nilai terbaik akan dihasilkan oleh kumpulan bisnis minim aset dengan efek jaringan yang besar.

 

Ditulis oleh Irwin Saputra, 9 Agustus 2019.

Tag

Share :

View All Article

Related Article

Posted by Wuddy Warsono Membagikan Kebahagiaan

Awal Agustus lalu, dalam kunjungan ke Las Vegas, s...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, Blog Sucor, Belajar Investasi, Belajar Saham,

More Information
Posted by Wuddy Warsono Merdeka Untuk Memilih

Baru-baru ini saya berkunjung ke Los Angeles, Amer...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, Blog Sucor, Investasi, Belajar Investasi, Belajar Saham,

More Information
Posted by Irwin Saputra Lesson from NBA Player

Pernahkah kita bertanya mobil apakah yang dikendar...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, Blog Sucor, Investasi, Belajar Investasi, Belajar Saham,

More Information
Posted by Oriana Titisari STalk: Strategi Sukses Investasi Saham dan Fundamental Analisis

Sucor Sekuritas tak henti-hentinya berbagi ilmu se...

Tags : SPOT, STalk, Belajar Investasi, Belajar Saham, Blog Sucor Sekuritas, Blog Sucor,

More Information
about
about

2019 PT. Sucor Sekuritas All Rights Reserved.