Loading... Please wait!

banner

Blog

Sucor Sekuritas

Latest Blog Post

Investasi dan filosofi BJJ

Investasi: Naik Level bersama Brazilian Jiujitsu Coach Danaher

Saya berada di Singapura beberapa bulan silam, menghadiri seminar Brazilian JiuJitsu (BJJ). Seminar tersebut dipimpin oleh John Danaher, pemegang sabuk hitam BJJ di bawah sang legenda Renzo Gracie. BJJ adalah ilmu bela diri yang amat efektif dan unik, tiap orang harus menemukan gerakan andalannya sendiri. Mungkin tidak banyak orang mengetahui hal ini tentang John, tapi ia adalah pria di balik kesuksesan karier MMA George Saint Pierre.

Ini adalah seminar yang luar biasa. Teknik yang ditampilkan amat tajam dan dipenuhi banyak detail rinci. Singkat cerita, itu adalah pengalaman yang membuka mata dan OUT OF THE BOX. John berhasil merevolusi teknik BJJ ke tingkatan berbeda, dan hasilnya terbukti. Murid-muridnya adalah juara dunia, diantaranya Gordon Ryan, Nicky Ryan, dan Garry Tonon.

Jika Anda bertanya, apakah John juara dunia juga? Jawabannya, tidak. Bahkan, ia tidak pernah berkompetisi secara profesional sekalipun dalam hidupnya! Ini adalah esensi kehidupan. Setiap orang harus mengetahui BAKAT mereka yang sebenarnya. Kompetisi BUKAN UNTUK SEMUA ORANG.

Hal yang lebih menarik lagi, John adalah seorang siswa PhD di Universitas Columbia beberapa tahun lalu. Hingga akhirnya ia mengubah arah hidupnya dan menjadi praktisi BJJ. Ia menemukan JALURnya dan menjadi amat sukses.

Perhatikan empat frase yang saya tandai dengan huruf kapital.

Ini sama halnya dengan investasi. Saham, obligasi, valas, reksa dana mungkin terlihat mudah, tapi nyatanya tidak. Ide utama di balik investasi adalah untuk memahami konsepnya, lalu menggabungkan pengetahuan itu dengan profil risiko. Semua orang harus mulai berinvestasi semuda mungkin, tetapi tidak semua kelas aset cocok untuk semua orang.

Contohnya saham, ini bukan untuk semua orang. Jika bisa mempertimbangkan risiko semua pilihan, saham menawarkan banyak kesempatan besar. Tapi jika Anda tidak sanggup menghadapi volatilitasnya, jangan berinvestasi di saham. Sebaiknya Anda mencoba obligasi atau reksa dana.

Anda harus memiliki keahlian “khas” yang efektif dan unik, sama seperti BJJ. Ada beberapa orang yang cocok menjadi investor jangka panjang, swing trader, investor value dan growth, contrarian, trader yang ikut-ikutan atau trader yang bingung. Ya, sebaiknya jangan menjadi dua trader yang saya sebut belakangan, karena saya tidak pernah mendengar ada orang yang masuk kategori ini yang menjadi pemain hebat dan berhasil di dunia saham. Tapi, carilah gaya Anda sendiri. Pahami nilai-nilai fundamental perusahaan tersebut dan Anda akan berhasil.

Di luar sana ada banyak grup WhatsApp atau Telegram yang pemilik grupnya menghasilkan uang di sini, di sana dan di situ. Sebagian besar anggota grup akan mengikuti rekomendasi tanpa benar-benar memahami fundamental perusahaan tersebut. Untuk itu, saya akan mengutip perkataan Einstein, “Hal terpenting adalah tidak pernah berhenti bertanya.”

Jadi, saat berinvestasi dalam saham, Anda membutuhkan BAKAT, mencari JALUR Anda sendiri, selalu berpikir OUT OF THE BOX, dan menyadari bahwa ini BUKAN UNTUK SEMUA ORANG.

 

Ditulis oleh MJR, praktisi bela diri dan peminat investasi, 24 Juni 2019

Tag

Share :

View All Article

Related Article

Posted by Wuddy Warsono Setelah Melompat, Belajar dari Nyai Ontosoroh

“Berbahagialah dia yang makan dari keringatn...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, blog sucor,

More Information
Posted by Oriana Titisari Mari Lompat!

Pagi ini saya tengah menikmati kemacetan biasa di ...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, blog sucor,

More Information
Posted by Wuddy Warsono Balada Mati Air

To pee or not to pee? Pertanyaan ini yang ...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, blog sucor, belajar saham, belajar investasi,

More Information
Posted by Wuddy Warsono Memilih Untuk Menghitung Berkat

“The ancestor of every action is a thought&r...

Tags : blog sucor, Blog Sucor Sekuritas, belajar saham, belajar investasi,

More Information
about
about

2019 PT. Sucor Sekuritas All Rights Reserved.