Loading... Please wait!

banner

Blog

Sucor Sekuritas

Latest Blog Post

Antara Cita, Cinta, Dan Dunia Pasar Modal

Antara Cita, Cinta, Dan Dunia Pasar Modal

Masihkah kau ingat katamu “Cintaiku selamanya”
Kata-kata dulu yang kini menghantuiku
Takkan pernah bisa terpadam memori itu

(Diterjemahkan dari lagu “Ji De” oleh JJ Lin)

Masih terbayang bagaimana perjuangan saya menyanyikan lagu “Ji De” versi Bahasa Indonesia. Aslinya lagu ini diciptakan oleh penyanyi asal Singapura, JJ Lin, pada awal tahun 2017. Sejujurnya, air mata mengiringi proses produksi cover lagu ini.

Air mata?

Bagaimana tidak, lagu ini menggambarkan suasana hati saya yang harus merelakan kepergian seseorang yang saya cintai. Ketidakpastian yang telah dia berikan membuat saya hidup dalam suatu dimensi pengharapan yang kosong dan tidak berujung.

Cheesy? Stay tuned. Ini cerita perjuangan hidup dan second chance koq, bukan melulu kisah asmara.

Pengalaman tiga bulan saya di summer 2013 betul-betul membawa saya merasakan arti hidup sesungguhnya. Kehidupan yang penuh cinta, canda tawa, keintiman, dan romantisme dengan latar belakang di kantor Bank asing di Jakarta, namun ya itu tadi .... harus berujung pada perpisahan yang sangat menyedihkan (setidaknya bagi saya) di bulan September 2013.

Perpisahan ini sempat membuat saya pening dan sedih sangat mendalam. Dan lagu Ji De inilah yang menjadi pencurahan pengharapan dan mimpi saya pada waktu itu.

Tapi menariknya peristiwa ini pula yang menjadi awal dari ketertarikan saya di dunia pasar modal. Masalah yang nampaknya begitu besar ternyata malah menjadi berkat. Kekuatan cinta memang luar biasa.

Jadi, ketertarikan saya akan dunia pasar modal berawal dari pertengahan tahun 2014, di mana saya memutuskan untuk menghubungi kembali cinta masa lalu saya (iya..lagi). Kata orang salah satu kelebihan saya adalah semangat pantang menyerah. Setelah berkali-kali dia tidak merespon chatting saya di Line, dia akhirnya menyerah dan merespon saya (mungkin karena kasihan atau apa, tapi yang penting dia merespon).

Melalui chatting inilah dia mengungkapkan bahwa dia sedang bekerja di salah satu perusahaan Sekuritas asing di Jakarta.

Sekuritas? Makhluk apakah itu gerangan?

Dari sini lah saya mencoba mencari tahu dan menggali lebih dalam seperti apa perusahaan Sekuritas dan dunia pasar modal itu, hingga akhirnya saya malah memiliki impian untuk berkarier di perusahaan Sekuritas (walau sebenarnya saya tidak tahu harus memulai dari mana).

Impian yang Mulai Terwujud, Namun Kandas

Pada pertengahan tahun 2016, ada seorang rekan dari teman saya di salah satu Bank Asing di Indonesia menghubungi saya dan menanyakan apakah saya tertarik untuk berkarir di salah satu perusahaan Sekuritas di Indonesia. Hal ini membuat saya sangat excited karena saya masih berambisi untuk mengejar cinta saya dengan berkarier di perusahaan Sekuritas.

Akhirnya, walau saya sudah menandatangani kontrak dengan salah satu perusahaan Peer to Peer Lending di Indonesia dan baru masuk selama beberapa hari, saya putuskan untuk bergabung dengan perusahaan Sekuritas ini, walau jujur saya masih belum tahu apa yang akan saya lakukan di perusahaan ini.

Hari demi hari saya jalani sebaik mungkin hanya dengan satu tujuan, supaya saya bisa survive di perusahaan ini dan terus berkarier di perusahaan Sekuritas. Namun, ternyata semua tak semudah yang direncanakan.

Banyak dinamika yang saya alami di perusahaan ini yang menjadi tantangan bagi saya, baik secara emosional maupun secara fisik. Namanya juga industri baru bagi saya, tentu tantangan yang saya hadapi sangat dahsyat sifatnya. Malah terkadang, saya merasa kehilangan arah dan tujuan dalam hidup saya.

Visi Hidup yang Baru

Pada tanggal 4 Agustus 2017, hati kecil saya berkata bahwa saya harus pergi ke Surabaya untuk menjenguk teman saya yang sakit sebagai dampak dari kegagalan proyek yang saya pimpin. Namun nasib berkata lain, beliau tidak mau dijenguk sehingga saya terlantung di Surabaya dan tidak tahu harus berbuat apa.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk menginap di dekat Pasar Atom karena pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 salah seorang Pendeta di Surabaya akan khotbah di sana. Tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat itu suasana hati saya sedang tidak menentu, sehingga saya berfikir mungkin kembali ke Tuhan adalah jalan yang terbaik.

Dan ternyata, apa yang saya harapkan terwujud. Di Surabaya, saya mengalami pemulihan hati dan kelahiran baru secara iman. Saya pun siap untuk mengemban dan menggenapi visi dan misi yang dipercayakan kepada saya.

 

Semua Orang Berhak Akan Kesempatan Kedua

Setelah mengalami minggu yang luar biasa di Surabaya, saya pun kembali ke Jakarta dan berencana menata kehidupan saya yang baru. Pada minggu-minggu sebelumnya, lamaran demi lamaran telah saya masukkan ke perusahaan lain karena saya merasa bahwa karier saya di perusahaan Sekuritas ini tidak akan lama lagi.

Sepulangnya dari Surabaya, pada minggu tersebut saya menerima dua offering letter di email saya yang tinggal menunggu konfirmasi dari saya. Namun, di minggu itu pula, pemilik perusahaan Sekuritas ini, Ibu Lindrawati Widjojo, menelpon saya bahwa beliau memberi saya kesempatan kedua dan meminta saya untuk bersama-sama dengan beliau untuk membangun kembali Sucor Sekuritas.

Saya pun sempat bimbang jalan mana yang harus saya ambil. Namun, melalui berbagai konfirmasi yang saya peroleh, akhirnya dengan bulat hati dan terang benderang, saya putuskan untuk menolak dua offering letter tersebut. Dengan penuh keyakinan, saya memilih untuk bertahan di perusahaan Sekuritas ini.

 

Usaha Tidak Akan Pernah Mengkhianati Hasil

Kelahiran baru yang saya alami betul-betul mentransformasi pola pikir, perbuatan, dan karakter saya. Saya merasa ada ikatan dan jerat yang dilepaskan dari diri saya, sehingga saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa saya bisa memberi dampak lebih lagi untuk orang-orang di sekitar saya.

Dalam satu tahun terakhir, Ibu Lindra mempercayakan kepada saya untuk mengembangkan Online Trading Platform dan juga Retail Business di Sucor Sekuritas. Seperti kata pepatah, “Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”.

Dengan kerja keras dan kerjasama yang apik dari seluruh divisi, akhirnya Sucor Sekuritas berhasil merilis SPOT New Generation yang kini telah dipakai oleh ribuan pengguna. Dengan aplikasi ini, nasabah dapat melakukan trading saham secara real-time yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, fitur-fitur seperti SPOT Signal dan Stock Scanner juga ditambahkan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan pemilihan saham.

Selain itu, Sucor Sekuritas juga baru saja meluncurkan webseries #KeluarDariZonaNyaman yang sangat dahsyat animonya. Sucor Sekuritas menjadi Sekuritas pertama yang meluncurkan webseries dan engage dengan youtuber millennial, Kevin Hendrawan. Dengan adanya campaign di dunia digital ini, Sucor yakin akan bisa mengkomunikasikan misi-misinya untuk membantu kaum millenials berinvestasi di pasar modal dan meraih kemerdekaan finansial.

 

2019, Tahun Pengharapan yang Baru

Tahun 2018 sebentar lagi akan berakhir dan kita akan segera memasuki tahun 2019. Tentunya, inilah saat yang tepat untuk merefleksikan kembali apa yang telah terjadi di tahun 2018. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk melakukan perencanaan di tahun 2019.

Kita semua boleh bermimpi setinggi-tingginya untuk keluarga kita, karier kita, maupun bisnis yang kita miliki. Tidak ada salahnya bagi kita untuk menuliskan secara detail mimpi dan cita-cita kita, dan juga mendoakannya sehingga betul mimpi dan cita-cita kita bisa tercapai dan diberkati.

Yang pasti mimpi bukanlah khayalan yang berada di angan-angan kita saja, namun harus diwujudkan dengan perjuangan dan kerja keras.

Jangan lupa untuk mulai sisihkan sebagian dari penghasilan Anda dengan berinvestasi di pasar modal. Buat yang belum sempat menonton Web Series #KeluarDariZonaNyaman, yuk segera tonton webseries ini! Semoga Anda akan mendapatkan inspirasi dan new revelation di tahun 2019 dengan menonton webseries ini! Selamat berakhir tahun. Tunggu tulisan saya selanjutnya!

Dipersembahkan oleh Bernard Wijaya, Desember 2018

Tag

Share :

View All Article

Related Article

Posted by Wuddy Warsono Ketika Hening Telah Berlalu

“Conversation enriches the understanding, bu...

Tags : blog sucor, Blog Sucor Sekuritas, belajar investasi, belajar saham,

More Information
Posted by Irwin Saputra Melihat Apa yang Tidak Kelihatan

Di minggu yang bertema Halloween, saya memilih jud...

Tags : blog sucor, Blog Sucor Sekuritas, belajar saham, belajar investasi,

More Information
Posted by Wuddy Warsono Nasionalisme yang Merayakan 100% ke-Indonesiaan Kita

Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), lengkap dengan musi...

Tags : blog sucor, Blog Sucor Sekuritas, belajar saham, belajar investasi,

More Information
Posted by Wuddy Warsono Dua Puluh Tiga Tahun yang Lalu

Kalau saya ditanya pekerjaan mana yang paling berk...

Tags : Blog Sucor Sekuritas, blog sucor, belajar investasi, belajar saham,

More Information
about
about

2019 PT. Sucor Sekuritas All Rights Reserved.